Bupati Buka FGD data publikasi Bangka Barat dalam angka

Muntok,  29 Juni 2018 — Bupati Bangka Barat, H Parhan Ali MM membuka acara focus group Discussion (FGD) pembahasan data publikasi Bangka Barat dalam angka 2018 yang di gelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS)  Bangka Barat,  Jumat (29/6) di Pasadena Muntok. 

Dalam sambutannya,  H Parhan mengharapkan dengan adanya FGD ini dapat membawa kemaslahatan bagi masyarakat Bangka Barat dalam rangka memenuhi kebutuhan data yang beragam baik data statistik dasar,  statistik sektoral,  dan statistik khusus sesuai amanat Undang - undang. 

"Publikasi data dalam angka yang tersedia sampai dengan tingkat kecamatan merupakan referensi bagi Pemerintah Daerah dalam membuat perencanaan pembangunan. Perencanaan yang baik tentu harus didukung oleh data dan informasi yang Falid dan akurat. Semakin baik perencanaan,  semakin baik pula kegiatan yang akan dicapai.  If you failed to plane,  you plan to failed. Yang artinya jika anda gagal membuat perencanaan, maka anda merencanakan kegagalan" ujarnya. 

Parhan juga mengapresiasi BPS Kabupaten Bangka Barat yang terus berinovasi dalam menyajikan data guna menjadikan BPS sebagai pusat rujukan statistik bagi masyarakat. 

Dalam kesempatan itu dilakukan juga sosialisasi dua sistem informasi geografis Kabupaten Bangka Barat berbasis web. BPS Bangka Barat telah membuat Sirois (Sistem Informasi geografis data sektoral daerah)  dan siagadesa (Sistem Informasi geografis desa/kelurahan). 

" Sirois memberikan informasi data sektoral Kabupaten Bangka Barat yang tersaji dalam gabungan tabel,  grafik dan peta tematik yang dapat memberikan informasi yang lebih mudah diterima dan dipahami pengguna data. Siaga desa menyajikan hasil statistik potensi desa yang merupakan satu-satunya basis data kewilayahan hingga tingkat desa" ujarnya. 

Bupati berharap dengan adanya dua aplikasi ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah khususnya di Kabupaten Bangka Barat. (Rilis bag KHP /mh) 

Sumber: 
Humas
Penulis: 
M. Muhaimin
Editor: 
Edi H
Bidang Informasi: 
Humas