BUPATI RESMIKAN PDAM TEMPILANG

TEMPILANG - Bupati Bangka Barat Drs H Parhan Ali MM meresmikan Perusahaan Daerah Air minum (PDAM) Sejiran Setason Unit IKK Tempilang Selasa (9/10) di Desa Benteng Kota. Peresmian ini guna mewujudkan kebutuhan air bersih bagi warga Tempilang. 

Parhan mengatakan air minum merupakan kebutuhan pokok semua orang, semakin bersih air yang dikonsumsi maka semakin meningkat pula kualitas kehidupan masyarakat. Wujud nyata dari cerminan tersedianya air minum yang berkualitas pada suatu komunitas masyarakat adalah terbentuknya suatu masyarakat yang sehat serta terciptanya kehidupan sosial ekonomi yang damai dan sejahtera. Diharapkan masyarakat juga dapat mendukung program pemerintah pusat, provinsi maupun daerah agar terlaksana dengan baik untuk kepentingan bersama dan dapat mewujudkan visi dan misi Bangka Barat Hebat 2021.

Masih dikatakan Parhan, pemenuhan akan kebutuhan air minum merupakan kewajiban pemerintah baik pusat maupun daerah."Saat ini tingkat pelayanan air bersih atau minum di Bangka Barat sudah mencapai 80 %, terdiri dari SPAM perdesaan 60 % dan PDAM 20 %, dengan kapasitas Instalasi Pengolahan Air (IPA) 137,5 liter/detik, saya minta masyarakat harus menjaga air baku PDAM, jangan ditambang dan jangan membuang sampah sembarangan,"ujarnya. 

Gunawan warga Desa Benteng Kota yang juga pelanggan PDAM mengaku senang dan terbantu dengan adanya aliran PDAM ini."Kami sangat terbantu sekali dengan adanya air PDAM unit Tempilang ini, apalagi daerah kami daerah pesisir yang sangat membutuhkan air bersih, sebelumnya kami membangun satu sumur dialiri 20 rumah, kadang tidak kebagian,"ungkapnya. 

Direktur PDAM Sejiran Setason Abdi Nursahri menyampaikan, hadirnya Instalasi Kota Kecamatan (IKK) unit Tempilang atas permintaan masyarakat terhadap kebutuhan air bersih. Saat ini sudah ada dua cabang yang sudah beroperasi yakni di Kecamatan Muntok dan Parittiga, ditambah Tempilang menjadi tiga."Saat ini pelayanan air bersih kepada masyarakat di Bangka Barat baru sekitar 20 persen oleh PDAM, kedepan kami berharap bisa melayani masyarakat terhadap kebutuhan air ini,"ujarnya. 

Masih dikatakan Abdi, IKK unit Tempilang ini sudah dibangun sejak 2009, namun baru sekarang diresmikan karena belum ada serah terima dan baru dibolehkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan.

"IKK unit tempilang ini mampu melayani sekitar 9000 rumah, sedangkan bangunan yang ada terdiri dari pengambil air, instalasi pengolahan air dan jaringan instalasi. Diharapkan masyarakat bisa menjaga dan memanfaatkannya dengan baik,"terangnya.

Hadir saat peresmian Anggota DPRD Medi Hestri, Kepala Satker, Kepala Balai Besar, Direktur PDAM Tirta Bangka, Kepala OPD, Kapolsek Iptu Bobory, Danramil Kelapa, Kades, tokoh agama serta undangan.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
Humas
Fotografer: 
Humas
Bidang Informasi: 
Humas