DESA UJUNG TOMBAK PEMBANGUNAN

Muntok, 26/9/18__Rapat Bina Pamong merupakan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap evaluasi terhadap program-program Pemerintah Kabupaten yang dilaksanakan di tingkat Kecamatan dan Desa, terutama dengan pelayanan kepada masyarakat serta permasalahan pelaksanaan pembangunan yang ada di daerah-daerah.

Sebagai tuan rumah Rapat Bina Pamong kali ini adalah  Desa Tempilang, pelaksanaan bina pamong tersebut dilaksanakan di gedung serba guna Kecamatan Tempilang yang dihadiri Bupati Bangka Barat, Asisten Pemerintahan dan Sosial, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka Barat, camat Tempilang, unsur Forkopimka serta seluruh kepala Desa se Kecamatan Tempilang dan Tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan tokoh pemuda desa Tempilang, rabu (26/9).

Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, MM mengungkapkan agar desa-desa yang ada di tempilang dan Bangka barat umumnya agar tetap dapat berinovasi sehingga desa yang ada di Bangka barat dapat lebih maju dan berkembang, serta bina pamong ini dimaksud untuk pembangunan dan penguatan ekonomi lokal dapat semakin ditingkatkan sehingga berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, jadi camat dan Kades nya harus tanggap dan pro aktif  bersama masyarakat.

“Desa ini sebagai ujung tombak pelaksanaan pembangunan daerah, harus mampu menggali, mengembangkan dan memperdayakan potensi unggulan yang ada secara maksimal mungkin agar pertumbuhan ekonomi lokal dapat meningkat secara segnifikan.” Ujar Parhan.

Apa yg telah di kembangkan oleh desa saat ini terus di kembangkan dan di tingkatkan kualitasnya sehingga dapat lebih maju dan berkembang lebih baik 

Pelayanan masyarakat juga harus kita tingkatkan dan memahami tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga kita dapat mewujudkan pemerintahan yg baik dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera." harap Parhan. 

Melalui penyelenggaraan Bina Pamong di Desa-Desa diharapkan dapat semakin mempererat sinergitas hubungan antara Pemerintah Kabupaten dengan masyarakat, serta merupakan wahana berkomunikasi dan bertukar informasi terkait dengan program dan kegiatan serta kebijakan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan.

Parhan juga mengingatkan agar pembangunan yang tepat untuk desa adalah akomodatif terhadap modernisasi tetapi tidak meninggalkan tradisi, identitas dan karakteristik local masyarakat setempat, dan juga harus menjadi perhatian yakni kualitas sumber daya manusia, ketersediaan sarana dan prasarana penunjang serta dukungan aktif dari semua pihak.”ingat Parhan.

Sementara itu Camat Tempilang menyampaikan di momen inilah kita dapat menyampaikan secara langsung apa yg menjadi program desa kita  yang sedang berlangsung yang belum di lakukan dan yg sudah kita lakukan Yang mana nantinya Bangka barat hebat dapat terwujud sehingga desa-desa yg ada di tempilang bisa maju dan berkembang sehingga manfaatnya pun dapat di rasakan oleh masyarakat. 

Sedangkan Kades Tempilang, Eddy Purnama Susanto selama 4 tahun menjadi kades pelayanan dasar seperti padat karya tunai yang melibatkan masyarakat secara langsung dan bidang kesehatan seperti jamban sehat dan sumber air yang layak bagi masyarakat penerangan jalan di titik-titik yang rawan,unit posyandu ,pos kamling, ruko pasar, jalan lingkar desa dan lain sebagainya sudah terlaksana. 

Kades juga menyampaikan selain pembangunan desa juga ada pembangunan dari Kabupaten, provinsi dan dana pusat yg kita dapatkan kepada peserta pertemuan dan masyarakat sekitarnya sehingga pembangunan ini semua dapat sinergi,bermanfaat dan mendapat dukungan sepenuhnya oleh masyarakat tempilang.

Selama pertemuan dan acara tersebut Bupati Bangka Barat Drs. H. Parhan Ali,. MM bersama asisten pemerintahan kesra Drs.Muhammad soleh.M.Si bersama kepala OPD terkait juga langsung melakukan diskusi dan tanya jawab kepada peserta khususnya masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
Roe
Fotografer: 
Aam
Bidang Informasi: 
Humas