GAPOKTAN KARYA USAHA DOA BERSAMA USAI PANEN RAYA, BUPATI INGIKAN SWAMSEBADA PANGAN

Kelapa, 30/9/18_Petani yang tergabung di  Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Karya Usaha Kelurahan Kelapa melaksanakan doa syukuran bersama Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, MM usai panen raya yang dilaksanakan oleh Gapoktan Karya Usaha di sawah empeng Kelurahan Kelapa, minggu (30/9).

Dikatakan Parhan Ali, Pemerintah Daerah sangat mendukung program-program yang telah dibuat oleh gapoktan-gapoktan yang ada di Kabupaten ini, khususnya Gapoktan karya usaha, karena disektor pertanian kita bisa menjadi kabupaten swasembada pangan melalui gerakan tanam padi." ungkap Parhan. 

"Ini merupakan langkah nyata dari petani gapoktan karya usaha dalam mengawali musim tanam, ini dapat menjadi contoh dan penyemangat gapoktan-gapoktan yang lainnya, dan ini bisa terus dikembangkan sehingga ini sangat memungkinkan untuk bisa menghasilkan padi yang berkualitas tinggi." sebut Parhan.

Parhan juga berharap semoga hasil panen yang akan datang dapat meningkat lagi dan menjadi salah satu Kabupaten Swasembada pangan dan penghasil padi terbesar di provinsi maupun di tingkat nasional. Kalau kita sudah menjadi swasembada pangan maka dengan sendirinya Kesehjahteraan masyarakat akan meningkat.

Sedangkan Ketua Gapoktan Karya Usaha, Alman Faluti mengungkapkan terima kasihnya kepada pemerintah yang telah membantu kami mulai dari cetak sawah, membantu bibit padi serta alat-alat pertanian, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada pak Bupati karena telah hadir dan berkumpul bersama kami disini, ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami.

Seusai doa syukuran dilaksanakan, Bupati Bangka Barat menyerahkan secara simbolis bibit padi kepada ketua gapoktan karya usaha, yang nantinya bibit tersebut akan ditanam oleh petani dengan sistem nandur.

Plt.  Kadin Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bangka Barat, Edi mengatakan bahwa Cetak sawah empeng Kelurahan Kelapa ini dimulai tahun 2012/2013 seluas 159 hektar, namun baru dilakukan penanaman atau tertanam seluas 70 hektar yang di laksanakan oleh 357 KK atau perhitungannya per petaninya mengelola setengah hektar."ungkap Edi disela-sela kegiatan. 

Selain Bupati turut hadir pada acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Sosial Sekda Bangka Barat, Kepala BPTP provinsi Babel, Kepala BKPSDMD Bangka Barat, Kabag Humas dan Protokol Sekda Bangka Barat, Camat Kelapa, Lurah Kelapa, serta unsur forkopimka Kecamatan Kelapa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh petani gapoktan karya usaha kelurahan kelapa.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
roe
Fotografer: 
Tri
Bidang Informasi: 
Humas