LAKSANAKAN SOSIALISASI PPID, PEMKAB BANGKA BARAT PERCEPAT TERWUJUDNYA KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

 

Muntok, 27 September 2018-- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat melakukan sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) TIngkat Kabupaten Bangka Barat Tahun 2018.
Sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kewajiban Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai Badan Publik dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik. Hal ini didasarkan pada UU no. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik tentang kewajiban Badan Publik untuk memberikan informasi publik.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Rozali hadir dalam kegiatan mewakili Bupati Bangka Barat. Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Drs. H. Rozali disebutkan bahwa setiap Badan Publik wajib menyediakan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan dapat dipertanggungjawabkan.
“Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2013 tentang penyelenggaraan keterbukaan informasi publik. Dalam hal ini, Pemkab. Bangka Barat sudah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertugas menyediakan dan melayani informasi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi. Harapannya, implementasi UU nomor 14 tahun 2008 dapat berjalan efektif dan hak masyarakat akan informasi terpenuhi”, paparnya,
“akan tetapi, tetap harus diingat bahwa informasi ada yang bersifat terbuka, ada yang bersifat dikecualikan yang tidak bisa dibuka ke publik. Hal ini sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, sambungnya.
Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Anggota Komisi Informasi Bangka Belitung, Syawaluddin, S. Pd dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bangka Belitung, H.K.A. Cholil, S.Pd., M. Si.
Sasaran dari kegiatan ini adalah PPID utama dan PPID pembantu yang terdiri dari Sekretaris OPD di Wilayah Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
Wahyu
Bidang Informasi: 
Humas