LOMBA CIPTA INOVASI MENU IKAN SASAR GENERASI MUDA

Muntok, 11 Oktober 2018 - Melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Pemerintah Bangka Barat kembali menggelar acara lomba inovasi menu masakan berbahan baku ikan tingkat Kabupaten Bangka Barat. Berbeda dengan lomba masak ikan yang digelar tanggal 17 September lalu, lomba yang berlangsung di Gedung Graha Aparatur Pemkab. Bangka Barat kali ini melibatkan generasi muda. Generasi muda yang dimaksud adalah pelajar tingkat SMA se-Kabupaten Bangka Barat.

Sebanyak tujuh tim memeriahkan lomba, diantaranya adalah SMK Negeri 1 Kelapa, SMA Negeri 1 Muntok, SMA Negeri 1 Jebus, MAN 1 Muntok, SMA Negeri 1 Simpang Teritip, dan dua tim yang berasal dari SMK Negeri 1 Muntok.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi menu masakan berbahan ikan, mempromosikan menu masakan berbahan ikan, sebagai upaya mendorong gerakan gemar makan ikan, dan mendukung tumbuh kembangnya perekonomian berbasis inovasi dengan menu dasar ikan.

Hal ini juga disampaikan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Rozali yang mewakili Bupati Bangka Barat membuka acara lomba. Dalam sambutan Bupati yang dibacakan beliau disampaikan bahwa dengan melimpahnya hasil laut di perairan Muntok terutama ikan, diharapkan dapat menjadi solusi yang mendukung ketersediaan sumber pangan bergizi sekaligus terjangkau kepada masyarakat.

“kegiatan ini sudah tepat menyasar generasi muda, yaitu para pelajar SMA. Pertimbangannya adalah bahwa generasi muda merupakan masa depan bangsa, bersemangat dan berani berinovasi dan berinisiatif dalam kreasi menu masakan. Serta harapannya dapat lebih aktif menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sekitar akan pentingnya mengonsumsi ikan”, katanya.

Bertindak sebagai tim juri dalam lomba ini adalah Juru Masak dari beberapa hotel di Bangka Barat. Indikator penilaian yang digunakan adalah kebaharuan ide masakan, penyajian/penampilan masakan, dan cita rasa.

Turut hadir dalam acara diantaranya adalah perwakilan OPD di Lingkungan Pemkab Bangka Barat, perwakilan TP PKK, Camat Jebus dan guru-guru para pendamping peserta lomba.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
Wahyu
Fotografer: 
Aldo
Bidang Informasi: 
Humas