SMKN 1 MUNTOK JADI JUARA LOMBA INOVASI MENU IKAN

Dari hasil penilaian tim juri, SMKN 1 Muntok ditetapkan menjadi juara lomba Inovasi menu ikan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan pada Kamis, 11 Oktober 2018. Menu andalan tim SMKN 1 Muntok adalah DIM (Donat Ikan Mie) yang merupakan perpaduan dari Ikan Tenggiri dan Mie dibentuk menjadi donat dan Sate Ikan Sasin. Juara 2 diraih oleh SMA Negeri 1 Muntok dan juara 3 diraih SMK Negeri 1 Kelapa.

indikator yang digunakan dalam penilaian adalah kebaharuan ide masakan, penyajian/penampilan masakan, dan cita rasa. Salah satu juri mengatakan bahwa masing-masing indikator bersifat saling melengkapi, ide yang baru dan penyajian yang oke tidak cukup jika tidak didukung oleh cita rasa yang enak.

Drs. H. Rozali mengucapkan selamat kepada para pemenang dan tidak lupa berpesan untuk terus berkreasi menciptakan inovasi agar dapat menginspirasi.

Ditemui di sela acara, salah satu peserta asal SMA 1 Muntok, Fathiya mengatakan bahwa timnya membuat Fish Pie. dirinya mengatakan bahwa sekarang saatnya membuat olahan yang anti mainstream alias tidak biasa. “pie buah sudah biasa, sekarang saatnya pie ikan”, ungkapnya. Masakan mereka dinamai dengan ‘fish pie with melted cheese”.

Lain Fathiya, lain Ezzy. Pelajar yang berasal dari SMK Negeri 1 Muntok ini salah satu menu andalannya adalah bolu Ciu Ciu, yaitu bolu dengan krim yang terbuat dari ikan ciu. Dirinya mengatakan bahwa ikan ciu banyak terdapat di perairan Muntok. “Kalo enak itu bisa murah kenapa harus mahal”, ujarnya.

Beberapa menu juga turut memeriahkan lomba, diantaranya Fish Rolled with Sticky Rice, Sweet Sour FishJang, Fish Terrine Tomato Sauce, Broccoli Egg Beaten Soup With Fish Stock, Donat Ikan Mie (DIM), Sate Ikan Saus Ikan Asin (Sate Ikan Sasin), Gulai Mangut, Gultum Iksemtomnas, dan Ikan terbang Crispi.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
Wahyu
Fotografer: 
Aldo
Bidang Informasi: 
Humas