BUKA SEMINAR MUNTOK WHITE PEPPER WABUP : PEMDA MENARUH HARAPAN TINGGI KEPADA PETANI LADA

Muntok, 30/11/18__Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH membuka kegiatan seminar peringatan hari lada Muntok White Pepper yang dilaksanakan di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat, jumat (30/11).

Dalam Sambutannya, bahwa lada yang berasal dari Babel ini merupakan salah satu komoditas yang dikenal dipasar dunia dengan nama muntok white pepper dan merupakan komoditas subsector perkebunan yang telah memberikan kontribusi nyata sebagai sumber devisa, penyedia lapangan kerja dan sumber pendapatan petani.”ungkap Markus.

“Komuditas lada telah lam dikembangkan, namun lada kita belum ada kemajuan dalam pemanfaatan teknologi. Lada yang dipasarkan masih sebagai produk primer yaitu lada hitam dan lada putih yang di jual maupun ekspor dalam bentuk curah (butiran utuh), sementara di Negara pengimpor lada tersebut sudah diproses siap digunakan oleh industri makanan dan rumah tangga.” Ujar Markus.

Melalui seminar muntok white pepper ini, Pemerintah Bangka Barat menaruh harapan tinggi kepada petani lada, para pelaku usaha agar lada yang dijual tidak hanya dalam bentuk curah, tetapi mulai mencoba melakukan diversifikasi produk lada agar meningkatkan harga jual.”  Tambah Markus saat menyampaikan sambutan Bupati Bangka Barat.

            Kegiatan yang dilaksanakan satu hari penuh ini mengundang narasumber dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Babel, pelaku usaha dari provinsi Babel, serta Koperasi Lada Babel. Dan perserta seminar sendiri yaitu para petani lada, Para Kades serta penyulu pertanian Bangka Barat.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
roe
Fotografer: 
Seprizal3
Bidang Informasi: 
Humas