Primary tabs

DI FOT 2018, BABAR TAMPILKAN PERMAINAN BOLA NIOK SORONG

Muntok, 8/5/2018__Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat provinsi Bangka Belitung tahun 2018 yang berlangsung tanggal 7-9 Mei 2018, yang digelar di Muntok Kabupaten Bangka Barat, di lapangan atletik Pemkab Bangka Barat, selasa (8/5)

Festival Olahraga tradisional tingkat Provinsi Babel, diikuti oleh sebanyak 150 orang dari 6 Kabupaten/Kota se Babel. Pada tahun ini hanya kabupaten Belitung yang tidak mengirimkan kontingen atau peserta dalam festival olahraga tradisional tahun 2018.

Pada FOT kali ini “Penjas Bejaye” dari kontingen Kabupaten Bangka Barat , menampilkan permainan bola niok sorong. Permainan ini merupakan permainan yang biasa dilakukan anak-anak nelayan dipinggir pantai Muntok pada zamannya. Dimana saat itu pepohonan niok masih berdiri tegak dengan pantai yang masih alami.

Niok adalah buah kelapa yang kering atau tua, yang dimaikan dengan cara mendorong dan memasukkannya kedalam gawang yang terbuat dari anyaman lilitan daun kelapa. Permainan ini adalah bentuk kreatifitas anak-anak nelayan yang sedang menunggu orang tua mereka dari laut mencari ikan dan udang menggunakan jala dan sungkur.

Permainan bola niok sorong ini terdiri 5 orang pemain setiap satu timnya, yang dimulai dengan tangkueng atau undian untuk pembagian kelompok besar menjadi kelompok kecil, sehingga pemmbagian kelompok atau tim menjadi adil dan sama. Setelah permainan berakhir, tim yang kalah menggedong tim yang menang dari gawang ke gawang yang lain.

Dalam permainan ini ada beberapa unsur kebugaran yang diperoleh yaitu kelincahan, daya tahan, kekuatan, kecepatan, keseimbangan, koordinasi dan juga dapat mempengaruhi mental yaitu disiplin, percaya diri, kebanggaan, sportifitas, kerjasama, keberanian dan daya juang serta berahlak dan berjiwa sosial.

Alat yang dipergunakan dalam permainan ini adalah bola yang terbuat dari kelapa kering atau tua (niok), pelepah kelapa sebagai sorong, duah buah gawang yang terbuat dari anyaman daun kelapa. Permainan Niok ini hanya boleh di sorong (didorong), apabila di pukul maka pemain akan mendapatkan sanksi. Dan pemain yang memecahkan bola niok maka mendapatkan sanksi pinalty.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
Heru
Fotografer: 
roe
Bidang Informasi: 
Humas