Primary tabs

KAWASAN WISATA SEJARAH MENUMBING TERALIRI LISTRIK

Muntok, 27/12/18__Kawasan wisata Pesanggrahan menumbing tempat pengasingan Wakil Presiden pertama Mohammad Hatta tokoh Republik Indonesia yang diasingkan oleh Belanda selama kurang lebih 6 bulan, antara Desember 1948 sampai Juli 1949, sudah teraliri listrik melalui kabel tanam SKTM sepanjang 5,7 KM mulai dari simpang giri sanana sampai pos 2 menumbing. Hal ini ditandai dengan peresmian jaringan dan instalasi listrik kepuncak menumbing oleh Wakil Guberur Babel, Abdul Fatah bersama Wakil Bupati Bangka Barat, Markus.

Dalam sambutannya Wagub Abdul Fatah mengatakan bahwa menumbing merupakan bagian dari wisata sejarah yang menjadi prioritas pembangunan provinsi babel.

"Dalam RPJMD provinsi Babel telah ditetapkan sektor pariwisata menjadi sektor prioritas daerah, karena di babel ini mempunyai beragam potensi dan daya tarik tersendiri yang dimiliki provinsi babel ini, baik alamnya, sejarahnya, kulinernya dan sebagainya." Ungkap Fatah.

Sementara itu Wabup Markus, saat menyampaikan sambutan Bupati Bangka Barat mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemprov Babel dan juga kepada stakeholder serta pihak yang terlibat atas bantuannya untuk jaringan dan instalasi listrik hingga sampai ke puncak menumbing.

"Pemasangan jaringan dan instalasi listrik ini mempunyai sejarah panjang dalam perencanaan dalam pemasangan jaringan listrik hingga bisa sampai ke puncak menumbing dan kini telah membuahkan hasil seperti kita lihat sekarang ini." Ujar Markus.

Markus juga mengajak masyarakat bangka barat menjaga tempat-tempat bersejarah yang ada di bangka barat dan semuanya berperan aktif, bukan hanya pemerintah saja tapi semua pihak untuk aktif mendukung industri pariwisata di Bangka Barat yang berbasis budaya dan sejarah, mari kita bersama-sama membangun kabupaten kita ini." Ajaknya.

Sekretaris Daerah Bangka Barat Drs.Yunan Helmi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Babel khususnya Gubernur, Wakil Gubernur beserta seluruh jajaran dan seluruh stakeholder yang  telah turut membantu yang mana telah banyak mendukung program di Kabupaten Bangka  Barat ini di berbagai sektor dan kami juga berharap agar kedepannya kunjungan wisata lokal maupun nasional dan internasional di Bangka barat dapat meningkat pesat dan maju seperti daerah lain."Ujarnya usai peresmian jaringan dan instalasi listrik menumbing.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
roe
Fotografer: 
a2m
Bidang Informasi: 
Humas