KILAU PRESTASI PETERNAK BANGKA BARAT

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Gebyar Produk Peternakan dan Kontes Ternak Sapi Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 08 November 2018 di GOR Sahabudin, Pangkalpinang. Acara tersebut dibuka oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Haryoso selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk apresiasi kepada peternak atau kelompok ternak dan seluruh insan peternakan dalam usaha memajukan bidang peternakan dan kesehatan hewan. Adapun rangkaian acara yang digelar dalam kegiatan tersebut antara lain : kontes ternak sapi hasil IB (Inseminasi Buatan), Gerakan Anak Babel Cerdas (ABC) dengan minum susu dan telur, pelayanan kesehatan hewan dan vaksinasi gratis, lomba asah terampil untuk peternak dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba kelembagaan kelompok ternak berprestasi.

Salah satu lomba yang diikuti oleh peternak adalah lomba asah terampil, dimana dalam perlombaan ini para peserta dari seluruh kabupaten/kota di Propinsi Bangka Belitung diuji tentang pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang peternakan dan kesehatan hewan. Terlihat para peserta sangat antusias selama perlombaan berlangsung. Hasil akhir perlombaan menunjukkan bahwa Kabupaten Bangka Barat berhasil meraih juara III dan membawa pulang tropi serta uang insentif pemenang dari penyelenggara.

Selain itu, perlombaan juga ditujukan kepada kelompok ternak yaitu Lomba kelembagaan kelompok peternak berprestasi yang merupakan suatu bentuk apresiasi kepada kelompok ternak yang telah melaksanakan usaha agribisnis peternakan sehingga langkah tersebut dapat menstimulasi bagi kelompok ternak yang lain serta masyarakat untuk terus mengembangkan usaha agribisnis peternakan. Dalam perlombaan ini, juara I diraih oleh kelompok Ternak Makmur dari Desa Sekar Biru, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat dengan ketua kelompok Bapak Rahmad Kadarta. Kelompok ini berhasil menyisihkan kelompok dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung dan berhak membawa pulang tropi dan 1 ekor sapi sebagai hadiah serta selanjutnya akan mewakili Propinsi Bangka Belitung untuk mengikuti lomba tingkat Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan tahun 2019.

Selain pelaksanaan berbagai lomba, pada acara ini juga diserahkan bantuan secara simbolis kepada Kelompok ternak di wilayah Propinsi Bangka Belitung. Bantuan tersebut berupa ternak sapi dan mesin shredder (mesin pencacah pelepah sawit) yang berasal dari Dana APBD I. Pada tahun 2018, ada 2 kelompok ternak di Kabupaten Bangka Barat yang menerima bantuan ternak sapi, yaitu kelompok ternak Rintis Berkembang Desa Belo Lalut dan kelompok ternak Himah Desa Mislak. Masing-masing kelompok tersebut menerima 14 ekor ternak sapi jenis PO (Peranakan Ongole). Sedangkan 2 kelompok ternak penerima bantuan shredder yaitu, Kelompok Ternak Rengak Maju Desa Tugang dan Kelompok Ternak Makmur Desa Sekar Biru.

Pada acara tersebut, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat ikut berpartisipasi dalam memamerkan produk-produk hasil peternakan dari berbagai kelompok ternak di Kab. Bangka Barat yaitu pupuk organik padat (bokasi), pupuk organik cair (POC), pupuk tunggal organik (N,P dan K), media tanam, sekam bakar, konsentrat ternak sapi, tanaman organik serta telur asin. Para pengunjung terlihat sangat antusias bertanya tentang produk tersebut dan membelinya, bahkan 300 kg konsentrat habis terjual dibeli oleh peternak lokal.

Pada kesempatan tersebut, Edi Usman, SP selaku Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat merasa bersyukur atas prestasi yang telah diraih oleh kelompok ternak. Beliau berharap bahwa prestasi ini dapat diikuti oleh kelompok ternak yang lain serta yang paling penting adalah dapat meningkatkan semangat dalam mengembangkan sistem usaha agribisnis berbasis ternak yang memiliki nilai luhur dalam membangun ketahanan pangan bagi terciptanya stabilitas ekonomi bagi masyarakat sekitar. Sebelumnya, Dinas Pertanian dan Pangan aktif memberikan pembinaan rutin oleh penyuluh yang rutin diadakan secara berkala. Selain itu, Dinas Pertanian dan pangan juga memfasilitasi kebutuhan kelompok ternak yang ada di Bangka Barat.

(Sumber: Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Pangan
Penulis: 
Dinas Pertanian dan Pangan Bangka Barat
Editor: 
Humas
Bidang Informasi: 
Humas